Tutorial Otosend Whatsapp Auto responder

Spintax



Spintax adalah singkatan dari spinning syntax, yang merupakan format yang digunakan berbagai macam aplikasi pendaur ulang artikel. Adapun format spintax adalah pilihan variasi kata yang dipisahkan oleh tanda | dan diapit oleh tanda {}.

untuk contoh :

format spintax:

{a|the|one} {quick|fast} {brown|silver} {fox|dog|wolf}


maka hasil spinning menjadi :

the quick silver fox

a fast brown wolf

a quick silver wolf



untuk mengaktifkan fitur spintax cukup mencentang checkbox spintax di bagian atas tab window.



maka pesan pada template respon yang menggunakan format spintax akan berubah variasinya setiap pengiriman.






Sistem Variabel


Sistem variabel yang dimaksud adalah text nama variabel yang akan berubah menjadi nama lain setelah dievaluasi. Hal ini sangat membantu memberikan respon pesan yang bervariasi mengikuti konteks waktu dan siapa yang menerima pesan. Untuk format variabel adalah nama variabel diapit oleh tabda $( dan ).

untuk contoh :


format variabel

teks setelah dievaluasi

$(second )

18

$(minute )

23

$(chat_name )

Irwan

$(salam)

selamat malam

$(umur)

25


Ada 7 macam variabel yang wajib diketahui yaitu :


Time

Variabel time adalah variabel yang berisi informasi waktu, seperti detik, menit, jam, hari dalam satu bulan, bulan, tahun. Variabel jenis ini tidak bisa diubah oleh user.


Receive_chat

Variabel receive_chat adalah variabel yang berisi informasi mengenai kapan pesan diterima, nomor whatsapp apakah dari indivisual atau group, isi pesan. Variabel jenis ini tidak bisa diubah oleh user.


Product

Variabel product adalah variabel yang berisi informasi mengenai data suatu produk atau record dari tabel produk. Nama variabel ini mengikuti nama kolom pada tabel produk yang dipilih untuk dilakukan pencarian di template respon pesan. Variabel produk tidak akan muncul jika hasil pencarian di tabel priduk tidak berhasil


User_profile

Variabel user_profile adalah variabel yang berisi informasi mengenai data seorang yang mengirim pesan masuk. Nama variabel ini mengikuti nama kolom pada tabel user_profile.


Logic

Variabel logic adalah variabel yang berisi informasi yang relatif terhadap nilai kebenaran dari hasil perbandingan suatu suatu variabel dengan variabel lain atau suatu variabel dengan angka. Contoh penggunaan variabel ini adalah untuk mendapat informasi salam berdasarkan waktu. Variabel logic ini membutuhkan 2 parameter yaitu expression dan result.


Expression

Variabel expression adalah variabel yang berisi informasi yang relatif terhadap hasil sebuah perhitungan numerik atau hasil perbandingan dua nilai. Contoh penggunaan variabel ini adalah untuk mendapat informasi mengenai hasil sebuah perhitungan nilai rata-rata dari tiap mata pelajaran. Variabel expression ini membutuhkan hanya 1 parameter yaitu expression.


Currency_format

Variabel currency_format adalah variabel yang berisi informasi format penulisan mata uang berdasarkan kode negara, variabel ini memerlukan 2 parameter yaitu angka jumlah nominal uang dan kode negara. Variabel ini ditujukan untuk membuat laporan informasi harga barang.



Berikut adalah tampilan tabpage variabel logic :



Anda bisa melihat di sebelah kiri adalah daftar variabel yang bisa digunakan untuk mengevaluasi template pesan. Ada tombol Next dan checkbox Pause yang dapat Anda gunakan untuk memberhenikan proses pengiriman dan melihat nilai variabel yang sedang valid saat ini.







Filter Kontak


Ada saatnya kita harus menentukan siapa saja yang boleh menerima balasan pesan dari Otosend dan juga siapa saja yang tidak boleh menerima balasan pesan dari Otosend. Alasan filtering ini ada berbagai macam, antara lain karena tidak semua orang boleh mengakses informasi dari Otosend. Untuk menangani masalah ini, Otosend menawarkan fitur Contact Filter, dimana jika chat id seseorang ada di daftar filter dan status chatid_filter_mode diset ke angka 0 maka orang tersebut tidak akan menerima pesan balasan, dan sebaliknya jika angka 1 maka hanya orang di daftar filter yang menerima balasan pesan.


Berikut adalah tampilan tabpage Contact Filter :


Perlu diketahui bahwa chatid di sini adalah nomor whatsapp yang diawali dengan kode negara lalu diikuti nomor sim card lalu diikuti teks @c.us yang berarti nomor individual atau @g.us atau nomor group.


Chat id = kode negara + nomor simcard + kode server

contoh : 6289535631345@c.us , 189534363345@c.us







Produk


Adalah fitur untuk menyimpan informasi terkait suatu produk yang akan dijadikan bahan laporan untuk pesan balasan. Anda bisa membuat tabel produk sebanyak yang Anda maudan juga bisa membuat record dan kolom sebanyak yang Anda mau.


Perhatikan bahwa nama kolom hanya boleh terdiri dari alphanumerik atau underscore, lkarena nama kolom ini yang akan menjadi nama variabel, sedangkan record yang ditemukan yang menjadi nilai yang mengisi variabel tersebut.


Berikut adalah tampilan tabpage Product :



Anda bisa membuat tabel, menghapus tabel, mengubah nama tabel dan operasi sejenisnya, ditambah Anda bisa mencari record yang Anda ingin tahu di dalam tabel dengan fitur pencarian. Untuk menggunakan fitur pencarian anda bisa memilih kolom mana yang digunakan sebagai dasar kunci untuk pencarian, disamping kata kunci dan mode pencarian akan menentukan hasil pencarian.






Profil kontak


Adalah fitur untuk menyimpan informasi terkait siapa yang mengirim pesan. Informasi ini akan dijadikan bahan laporan untuk pesan balasan, terkait informasi pribadi pengirim pesan seperti nama akrab, nama sapaan, usia, tempat tinggal dan seterusnya.

Anda tidak bisa menambahkan tabel di sini, karena Anda hanya diinjinkan menambah atau menghapus record. Data dasar mengenai penerima seperti chatid , kata kunci terakhir , waktu kirim terakhir dan nama pengirim akan terbentuk dengan sendirinya ketika ada pengirim pesan yang tidak pernah mengirim pesan sebelumnya.


Berikut adalah tampilan tabpage Contact Profile :


Anda bisa melakukan pencarian dengan fitur pencarian dasar di tabpage Contact Profile dan Anda juga bebas menambahkan kolom sebanyak yang Anda mau.








Template Respon Pesan


Adalah fitur untuk menyimpan informasi template pesan balasan, berupa asosiasi :


kata kunci yang diterima, (key_name)

kata kunci yang diterima akan menentukan apakah pesan masuk dianggap sebagai pergantian template balas pesan, jika pesan masuk sama persis dengan kata kunci maka pergantian template pesan yang sedang ditangani akan dilakukan.


mode balas pesan (quoting_on)

menentukan apakah pesan balasan mengutip pesan yang diterima atau tidak. Jika bernlai 1 maka pesan yang diterima akan dikutip dan jika bernilai 0 maka pesan tidak dikutip.


mode pencarian (search_mode)

jika berisi nilai 0 maka pencarian pada tabel menggunakan record yang paling banyak berisi kata kunci, dan pencocokan tidak harus urut, mirip search engine.

jika berusu nilai 1 maka pencarian pada tabel menggunakan pencocokan sama persis atau seperti pencocokan password. jika berisi nilai 2 maka pencarian pada tabel menggunakan pencocokan substring.

tabel basis pencarian (lookup_table)

berisi nama tabel produk yang dijadikan basis pencarian


kolom pencarian (lookup_columns)

berisi nama kolom yang dijadikan basis pencarian, untuk lebih dari satu kolom hanya bisa diterapkan jika mode pencarian 0, selain itu untuk mode pencarian 1 dan 2 harus satu nama kolom saja.


pesan jika record ditemukan (found_message)

yaitu format pesan yang akan dikirimkan jika proses pencarian di tabel produk berhasil ditemukan, atau query yang digunakan ditemukan.


pesan jika record tidak ditemukan (not_found_message)

yaitu format pesan yang akan dikirimkan jika proses pencarian di tabel produk tidak berhasil ditemukan, atau query yang digunakan tidak ditemukan.


pesan selamat datang (welcome_message)

yaitu format pesan yang akan dikirimkan saat pengirim pertama kali datang, berganti kata kunci template atau sudah terlalu lama tidak mengirim pesan, sehingga Otosend mengalihkan template pesan ke default.


nama kontak filter (chatid_filter_table)

yaitu nama tabel kontak filter yang digunakan untuk memilah siapa saja yang bisa menerima pesan atau siapa saja yang tidak bisa menerima pesan.


mode kontak filter (chatid_filter_mode)

yaitu mode filtering yang mana jika bernilai 1 maka hanya chatid yang ada di dalam daftar kontak filter yang tudak menerima balasan pesan, dan sebaliknya jika bernilai 0 maka hanya chatid yang ada di dalam kontak filter yang bisa menerima balasan pesan dari Otosend.


Berikut adalah tampilan tabpage Auto Response :








Logging error


Adalah fitur yang membantu menampilkan pesan yang menunjukkan adanya error dalam proses, pesan ini menunjukkan kapan error muncul, di mana lokasi error dan penjelasan tentang error.


Berikut adalah tampilan tabpage Error Log:




 




Update Satu Klik


Adalah fitur untuk mengupdate API yang dilakukan cukup dengan satu kali yang mana Otosend akan mendownload file yang diperlukan dan melakukan komposisi secara otomatis. Anda tidak perlu download file sendiri, selama alamat API masih valid. Fungsi update ini sangat penting mengingat Whatsapp juga melakukan update dan belum tentu setiap Whatsapp update, lalu API yang lama bisa berjalan dengan baik.








Delay pengiriman


Delay Pengiriman pesan bisa diatur lewat tabel default setting seperti gambar di atas, jadi bisa diatur berapa detik interval setiap pengiriman pesan balasan. Jangan lupa untuk menekan tombol Save setelah emlakukan pengeditan. Di samping mengatur delay pengiriman Anda juga bisa mengatur berapa menit waktu count down reset ke default keyword setelah pesan terakhir yang masuk dari seseorang. Berikutnya ada settingan untuk keyword default yang berarti template pesan mana yang akan digunakan untuk menampilakn pesan selamat datang setelah durasi waktu reset dicapai.





Scrapping kontak


Adalah fitur untuk mendapatkan semua nomor kontak yang terhubung dengan Whatsapp atau semua nomor kontak yang ada di dalam suatu grup hanya dengan satu kali klik. Setelah Anda mengklik maka nomor Whatsapp akan tampil di tabel dan anda bisa mengekspor dalam bentuk vcf atau excel.






Import Excel


Adalah fitur untuk import tabel dari excel ke database lokal, yang mana akan menghemat waktu pengerjaan bila mana data sudah ada dalam bentuk excel dan Anda ingin segera menggunakannya.


Perlu diketahui ada syarat- syarat agar suatu file excel dapat di import


  • Baris pertama pada tabel harus berisi nama kolom, yang mana nama kolom harus berupa alpha numerik atau underscore, tidak boleh ada spasi atau karakter selain alpha numerik dan underscore.


  • Tabel excel harus memiliki satu kolom yang dianggap memiliki record unik atau baris bernilai unik , maka kolom tersebut dapat dianggap sebagai kolom primary key. maka nama untuk kolom uni harus ditambahkan tanda (pk) di belakang nama kolomnya.


berikut contoh dari format file excel :




dan setelah diimport maka akan menjadi :









Tutorial Setup Balas Pesan Otomatis



1. Buka Otosend di halaman Home, Login dengan Whatsapp QR Code Scanner lalu hingga status login menjadi sukses.

2.. Setup variabel logic, expression dan currency_format seperlunya. Lakukan setup di tabpage variabel dan di tabel sebelah kanan terdapat tabel untuk setup.

3. Setup informasi produk yang akan dicari tabel di tabpage product.

4. Setup template pesan balasan di tabpage Auto Response. untuk dapat mengirim gambar guanakan kata kunci attach() yang diikuti oleh path folder di mana gambar atau file itu berada, lalu nama file bisa menggunakan variabel agar file yang dikirimkan bisa bervariasi. Untuk sesi pengiriman Otosend menggunakan kunci #sep yang berarti separate, jadi setiap paket pesan yang dikirim dipisahkan dengan #sep. untuk format penulisan variabel menggunakan nama variabel yang diapit oleh $( dan ).

5. Centang semua checkbox di bagian atas tab, sehingga aplikasi mulai berjalan. Jika ingin berhenti menjalankan Otosend klik checkbox agar tidak tercentang.



Label:
edit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar